VISI KEILMUAN

KOMUNIKASI BISNIS BERBASIS MEDIA DAN DIGITAL

Prodi Ilmu Komunikasi UMMagelang mengusung visi keilmuan menjadi pusat pendidikan ilmu komunikasi khususnya di bidang Komunikasi Bisnis Berbasis Media dan Digital.

“Apa itu Komunikasi Bisnis Berbasis Media dan Digital?”

Teori dan praktik ilmu komunikasi yang diterapkan untuk mengkaji mengembangkan kegiatan bisnis dan kewirausahaan. Bidang ini dikembangkan dalam rangka pemberdayaan masyarakat daerah yang membutuhkan kemitraan dan dukungan perguruan tinggi.

Praktik komunikasi bisnis yang diajarkan dan dikembangkan di Prodi Ilmu Komunikasi UMMagelang menekankan pada pemanfaatan media komunikasi konvensional dan digital. Hal ini merespon kehadiran dan penggunaan media baru berbasis internet yang semakin massif di Era Digital.

“Mengapa Komunikasi Bisnis Berbasis Media dan Digital?”

Dalam laporan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), populasi penduduk indoensia saat ini mencapai 262 juta orang. Lebih dari 50 persen atau sekitar 143 juta orang telah terhubung jaringan internet. Mayoritas pengguna internet sebanyak 72,41 persen adalah kalangan masyarakat perkotaan.

Digitalisasi komunikasi dengan cepat mengubah kondisi masyarakat di Indonesia. Jaringan telekomunikasi dan jaringan siaran saat ini mampu membawa transmisi pesan dua arah sekaligus untuk suara, gambar, data, dan video. Perubahan teknologi mendorong penciptaan baru, layanan interaktif dan berbagai layanan multimedia yang lain. Praktik-praktik kehumasan/Public Relations, penyiaran, jurnalistik, dan pemasaran kini dilakukan secara online, memunculkan bidang-bidang studi baru komunikasi digital seperti Public Relations 4.0, Digital Broadcasting, Online Journalism, dan Online Advertising, termasuk Dakwah Digital.

Pemanfaatan internet sudah lebih jauh, tidak hanya untuk berkomunikasi, tetapi juga untuk transaksi jual-beli, berbisnis dan berkarya. E-commerce di Indonesia diperkirakan bakal tumbuh 10 kali lipat di tahun 2020. Pada tahun 2020 nanti, nilai perdagangan daring akan mencapai USD 130 miliar atau RP 1.800 triliun (Kemenko Perekonomian). Bisnis digital kini makin menjamur dan berkontribusi sangat besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah dan terutama generasi mudah (milenial) yang memiliki potensi kreatif sangat besar.

Prodi Ilmu Komunikasi UMMagelang berusaha merespon tantangan kontemporer ini dengan mengembangkan teori dan penerapan komunikasi bisnis berbasis media dan digital di Indonesia. Diharapkan, dengan pemanfaatan media digital, praktik komunikasi bisnis akan semakin maju dan berkembang sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman saat ini.